Serba Serbi Literasi Digital di Indonesia, Berikut Pengertian dan Aspek-aspek Pentingnya

 

Morfo Biru - Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan istilah literasi digital. Hampir setiap aspek kehidupan dewasa ini tidak lepas dari istilah tersebut. Lalu apa itu literasi digital?

Literasi digital adalah kemampuan individu untuk mengakses, memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi melalui teknologi digital, baik computer maupun perangkat mobile.

Literasi digital melibatkan pemahaman tentang bagaimana teknologi digital berfungsi, cara berkomunikasi melalui media digital, dan kemampuan setiap individu berpartisipasi dalam dunia digital dengan cara yang efektif dan aman.

Menurut UNESCO, literasi digital adalah sebuah kemampuan individu untuk mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan membuat informasi melalui berbagai alat digital, perangkat, dan platform, dengan tujuan memecahkan masalah pribadi dan kolektif dalam kehidupan sehari-hari.

Pixabay - Digital Literacy

Pemahaman tentang literasi digital mencakup berbagai aspek, meliputi:

  1. Pemahaman Teknologi, yakni sejauh mana masyarakat bisa memahami dasar-dasar teknologi digital, seperti apa itu perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer.


  2. Pencarian dan Evaluasi Informasi. Ini merupakan kemampuan untuk mencari informasi secara efisien di internet dan kemampuan untuk mengevaluasi kredibilitas sumber-sumber informasi yang ditemukan.


  3. Keamanan Digital, meliputi kesadaran tentang adanya ancaman keamanan digital dan bagaimana cara melindungi diri sendiri dan data pribadi dari serangan atau kebocoran.


  4. Kemampuan Komunikasi, yakni kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif melalui media sosial, email, pesan teks, dan platform komunikasi digital lainnya.


  5. Kreativitas Digital adalah sebuah kemampuan untuk membuat, mengedit, dan berbagi konten digital seperti gambar, video, dan tulisan. 


  6. Etika Digital, adalah sebuah upaya memahami etika dalam penggunaan teknologi digital, seperti hak cipta, privasi, dan perilaku yang baik di dunia maya.


  7. Partisipasi Online yaitu kemampuan seseorang untuk berpartisipasi aktif dalam komunitas online, termasuk berdiskusi tentang isu-isu sosial dan politik.

Demikian sedikit pembahasan mengenai definisi dan aspek-aspek apa saja yang menjadi konsep kunci dalam literasi digital, dan perlu diketahui oleh masyarakat Indonesia.

Pada pembahasan selanjutnya juga diterangkan mengenai konsep-konsep kunci dari literasi digital yang perlu diketahui masyarakat Indonesia, atau bisa klik di sini.[]

Post a Comment

0 Comments