Kenalin


Morfo Biru adalah blog yang dikelola secara pribadi oleh Rizka Umami sejak 2013. Awalnya blog ini adalah ruang mencurahkan kegelisahan pribadi, menyimpan beberapa tulisan hasil diskusi, belajar, makalah, cerita-cerita patah hati dan puisi-puisi kamar. Sampai sekarang sih.


Akan tetapi, terlalu egois jika ruang publik ini hanya diisi dengan sesuatu yang tidak bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Akhirnya pada 2018 morfobiru.blogspot.com resmi berganti menjadi morfobiru.com dan membuka ruang seluas-luasnya kepada rekan-rekan yang ingin berkontribusi dalam literasi untuk menulis bersama di sini.



Sekarang, morfobiru.com memiliki fokus pada publikasi tulisan, khususnya sastra yang ramah, setara dan berkeadilan. Selain itu ada beberapa rubrik lain yang disuguhkan, antara lain:


Putik
Rubrik ini berisi puisi dengan berbagai tema. Putik saya ambil dari nama salah satu rubrik yang dicetuskan oleh salah satu komunitas sastra di Tulungagung bernama Sadha.net. Siapapun bebas mengirimkan puisinya ke rubrik ini, dengan syarat dan ketentuan yang sudah berlaku.


Centhing
Sebagaimana Putik, rubrik ini juga saya ambil dari sumber yang sama. Berisi berbagai macam cerita pendek yang ditulis mulai dari 500 kata sampai 1500 kata. Rizka memang sedikit cerewet ketika teman-teman mengirimkan naskah cerpennya, karena tidak ingin konten yang terpublikasi di blog ini menyumbang ketidakadilan terhadap kelompok minoritas, kelompok rentan, perempuan dan anak.


Blajar
Awalnya rubrik ini berisi makalah-makalah dan hasil presentasi selama Rizka menjalani perkuliahan di IAIN Tulungagung. Akan tetapi kemudian berkembang menjadi rubrik yang berisi hasil diskusi warung kopi, tulisan-tulisan yang membahas teori dan isu-isu yang berkembang di dunia akademik.


Cangkruk
Cangkruk merupakan salah satu rubrik di morfobiru.com yang berisi beberapa tulisan opini, artikel yang sedikit ilmiah dan esai-esai yang kadang tidak bisa disebut esai. Cangkruk bisa dibilang merupakan ruang untuk menulis secara lepas atau mengkritisi isu-isu terkini.


Perempuan
Rubrik ini khusus berisi tulisan-tulisan mengenai perempuan dan isu-isu yang terkait dengan perempuan, tentang penulis-penulis perempuan dan capaian-capaian perempuan, dan lain sebagainya. Kita tahu sampai detik ini perempuan masih menjadi subjek yang rentan dan kerap mengalami diskriminasi sampai kekerasan seksual, tidak terkecuali oleh orang terdekat. Semoga adanya rubrik ini, bisa ikut mengakomodasi perjuangan perempuan untuk mendapatkan keadilan dan keamanan di ruang publik.


Ekologi
Ruang baru ini khusus membahas isu lingkungan, ekofeminisme dan cerita-cerita yang beririsan dengan ekologi. Selama ini kita sering abai atau tidak peduli dengan keadaan di sekitar kita, tentang perubahan iklim yang mengancam kehidupan seluruh makhluk di muka bumi. Salah satu langkah kecil yang ingin dibangun lewat blog ini adalah ekoliterasi. Semoga terwujud. Aamiin.


Perjalanan
Ini merupakan ruang yang biasanya diisi setelah melakukan perjalanan, dalam bentuk apapun. Perjalanan yang dimaksud baik dari tempat wisata maupun mencari sesuatu atau perjalanan bertemu seseorang. Teman-teman yang ingin berkontribusi bisa menceritakan pengalamannya ketika pergi ke sebuah tempat, di sini.


Artikel Ringan
Di sini ada tiga ruang yang saya sediakan khusus bagi teman-teman yang ingin membaca artikel ringan perihal bisnis dan teknologi, kuliner maupun artikel ringan yang berkaitan dengan anak-anak. Memang tidak banyak, akan tetapi semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang luang dan ingin membaca, tentunya.


Review
Suka film dan buku? Teman-teman bisa membagikan hasil bacanya di rubrik ini. Pun bagi teman-teman yang suka melakukan review produk, bisa kosmetik, fashion, dan lain-lain. Membagikan pengalaman membaca, menonton, dan menggunakan produk tertentu bisa berdampak loh ke teman-teman yang lain. Jadi tidak ada ruginya.

Sedekah Tulisan
Nah... Bagi teman-teman yang tertarik mengirimkan tulisan bisa menyesuaikan dengan ketentuan pengiriman yang telah Rizka sediakan di Kirim Aja. Tulisan yang teman-teman kirimkan adalah sedekah untuk rumah sederhana saya. Jadi semoga kebermanfaatannya juga bisa menjangkau publik lebih luas.


Adapun untuk menu lain, itu adalah kamar pribadi, hanya berisi obrolan pemilik rumah dengan dirinya sendiri. Namun, teman-teman tetap bebas leluasa membacanya. Hehe.


Akhir kata, Rizka berharap blog ini bisa ikut mewarnai bumi literasi kita dengan lebih setara dan adil. Terima kasih disampaikan kepada para pembaca yang menyempatkan waktu untuk mampir dan membaca. 


Salam cin-Ta


Rizka Umami





Post a Comment

1 Comments

  1. Dan aku harus jadi yang paling depan dari penggemarmu yang lain.

    ReplyDelete