Cobain 5 Menu Sahur Praktis yang Bisa Kita Buat di Rumah

 

Morfo Biru – Selama Ramadan, sahur menjadi aktivitas yang penting bagi umat Muslim. Dalam rangka menjaga kesehatan dan stamina selama puasa, menyajikan menu sahur yang sehat dan bergizi tentu diperlukan.

Namun, seringkali kita tidak punya banyak waktu untuk menyajikan menu sahur berkualitas karena keterbatasan waktu. Kesibukan lain juga membuat kita cenderung mencari menu sahur praktis, asalkan tetap lezat dan bergizi.

Nah, buat kawan-kawan yang ingin tetap menjaga stamina selama puasa, tapi terkendala waktu untuk sekadar sahur, 5 menu sahur praktis tanpa ribet kali ini, bisa jadi alternatifnya:

 

telur dadar sayur - pixabay/OvidiuTepes

1.       Telur Dadar Isi Sayuran

Telur dadar adalah menu sahur praktis yang kaya protein dan mudah untuk disiapkan. Kita hanya perlu menambahkan nutrisi, yakni dengan potongan-potongan sayuran seperti wortel, paprika, dan bayam ke dalam adonan telur dadar tersebut.

 

Caranya sangat mudah, cukup kocok telur dengan sedikit garam dan lada, tambahkan sayuran yang telah dipotong kecil-kecil, lalu goreng.

 

Usahakan menggoreng dalam wajan anti lengket hingga matang sempurna. Dengan tambahan sayuran, kita akan punya tambahan serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

 

2.       Tumis Kentang dan Sosis

Pilihan menu sahur mengenyangkan, cepat, dan sederhana yang bisa dicoba di rumah adalah tumis kentang dan sosis. Bahan yang dipersiapkan untuk menu ini cukup simple yakni kentang yang diiris dadu, sosis, bawang merah, bawang putih, cabai, kecap, garam, dan penyedap.

 

Biasanya, menu ini adalah menu andalan untuk anak kos dan orang-orang yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Selain minim bahan baku, tumis kentang dan sosis ini bisa menjadi salah satu menu sahur praktis yang sangat gampang dan perlu dicoba.

 

3.       Roti Panggang dengan Selai Kacang

Menu sahur praktis lainnya adalah roti panggang dengan selai kacang. Kita bisa menggunakan roti gandum atau roti wholemeal. Panggang roti tersebut hingga warnanya kecoklatan. Lalu tinggal mengoleskan selai kacang di atasnya.

 

Kenapa selai kacang? Karena selai kacang mengandung protein dan lemak sehat, yang akan memberikan energi tahan lama selama puasa. Kita juga bisa menambahkan potongan buah-buahan seperti pisang atau stroberi untuk variasi rasa dan nutrisi.

 

4.       Sup Instan Topping Sehat

Sup instan bisa menjadi pilihan menu sahur yang cepat dan praktis. Agar lebih bergizi, kita perlu menambahkan topping sehat seperti potongan daging ayam tanpa kulit dan sayuran segar.

 

Jangan ragu untuk menggunakan brokoli, wortel, dan sedikit potongan daun bawang atau seledri. Dengan menambahkan bahan-bahan segar, sup instan kita bisa menjadi lebih bergizi dan menyehatkan.

 

5.       Smoothie Buah dan Sayur

Smoothie adalah pilihan sahur yang praktis dan gampang disiapkan. Tinggal mencampurkan berbagai macam buah-buahan seperti pisang, mangga, dan sayur bayam.

 

Lebih nikmat jika ditambahkan yogurt atau susu almond di atas smoothie untuk konsistensi rasa yang lembut dan segar.

 

Smoothie buah dan sayur ini mengandung banyak serat, antioksidan, dan nutrisi penting lain. Keseluruhannya notabene dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan dan stamina selama puasa.

Tentu membuat menu sahur praktis di rumah juga perlu memerhatikan nilai gizi dari masing-masing olahan yang kita buat. Dengan fokus pada nilai gizinya, kita bisa tetap sehat selama bulan Ramadan.

Selain itu, dari proses memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, ternyata kita sudah bisa menyajikan olahan yang sehat untuk keluarga.

Nah, sekarang kita sudah punya resep dari lima menu sahur yang praktis. Selanjutnya, mari kita coba dan mulai merasakan manfaatnya selama menjalankan ibadah puasa.[]


#BPNRamadan2024

Post a Comment

0 Comments