5 Produk Digital yang Datangkan Cuan dari Internet


Morfo Biru - Melihat perkembangan internet yang masif dan berkelanjutan seperti saat ini, menjual produk digital di internet bisa mendatangkan cuan. Sebelumnya, kita memahami bahwa produk umumnya berupa barang dan jasa.

Namun seiring perkembangan internet, ada banyak sekali produk digital yang layak kita pertimbangkan. Umumnya, produk ini berbentuk file seperti foto, video, e-book, layanan, aplikasi, gim, musik, kursus (workshop), dan masih banyak lagi lainnya.

pixabay-gelart/digital product


Keuntungan Menjual Produk Digital di Internet

Menurut data dari optinmonster, produk digital memiliki banyak manfaat dan kelebihan alih-alih menjual barang secara fisik. Baik dari sisi produksi, pemasaran, hingga margin keuntungan, berikut daftarnya.

  1. Memiliki jangkauan pasar (target market) tidak terbatas di internet;
  2. Meminimalisir biaya produksi, pengiriman, dan ruang penyimpanan (warehouse);
  3. Produk digital dapat kamu jual berkali-kali, tidak seperti produk fisik yang terikat dengan ketersediaan;
  4. Berpotensi sebagai pendapatan berkelanjutan (berulang), contoh mudahnya produk dalam bentuk layanan berlangganan per tahun;
  5. Passive income, seperti halnya saat kita membangun fondasi rumah untuk digunakan seterusnya.

Setiap usaha di internet membutuhkan effort dan kemampuan khusus dalam penerapannya. Oleh sebab itulah, mengasah skill yang berkaitan dengan produk digital sangat penting dalam hal ini.

Jenis Produk Digital yang Berpotensi Datangkan Cuan Saat Ini

Kecenderungan masyarakat yang menginginkan sesuatu secara praktis menjadi penunjang dalam usaha di ranah digital. Semuanya serba instan, itu yang dilihat orang luar, meski developer atau penyedia produk tersebut kerja mati-matian dan berdarah-darah untuk memberikan layanan terbaik.

Oya, untuk kamu yang ingin membeli produk digital sebaiknya melihat review terlebih dulu di ulasanesia. Tim ulasanesia sering mengulas produk baik itu digital, barang, maupun jasa secara objektif dan independen.

Berikut ini beberapa daftar produk digital yang berpotensi cuan sekarang ini.

1. Dokumen

Contohnya e-book (buku elektronik), ya, tidak perlu biaya percetakan yang notabene mahal. Tidak perlu proses packing dan pengiriman. Kamu yang suka menulis, bisa mengeluarkan versi e-book ini dengan memasarkan via penerbit digital, Google Play Books, atau marketing mandiri di media sosial.

2. Software

Dalam hal ini meliputi software komputer (.exe) dan perangkat seluler (.apk), yang mana keduanya dapat memberi cuan berkelanjutan. Selain dari software premium berbayar, kamu dapat menambah Adsense Mob di aplikasi seluler.

3. Konten

Internet banjir informasi, konten berkualitas adalah kunci. Jika kamu memiliki skill seperti voice over, writing, editing, atau yang lainnya. Manfaatkan dengan maksimal semua itu untuk menghasilkan cuan sekaligus branding.

4. Workshop

Pernah melihat grup media sosial yang menawarkan workshop dari orang-orang yang sudah sukses? Workshop (WS) atau kursus menjadi salah satu fasilitas premium sehingga orang yang ingin mulai dari awal tahu jalan paling cepat, tepat, dan efisien.

5. Layanan

Produk di internet seperti domain, hosting, server, dan sebagainya merupakan layanan berbayar dan berlangganan. Dengan kata lain, saat konsumen menggunakan layanan ini secara otomatis akan melakukan perpanjangan dalam periode tertentu.

Dalam memilih produk yang ingin kamu pasarkan atau kamu beli, sebaiknya melihat potensi secara menyeluruh. Misalnya melihat review terlebih dulu di ulasanesia sebelum beli produk Indonesia.

Sekian 5 daftar produk digital yang memiliki potensi luar biasa datangkan cuan dari internet. Apakah ada risiko menjual atau membeli produk digital? Tentu saja ada, Morfo Biru akan membahas di lain kesempatan, ya!

Post a Comment

0 Comments