4 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Ramadan, Apa yang Tidak Boleh Dilakukan?

 

Morfo Biru – Tahun ini puasa ramadan menjadi momen yang cukup berat bagi umat Islam karena bertepatan dengan pergantian musim, dari penghujan ke musim kemarau. Sebagaimana diketahui, dampak dari cuaca yang tidak menentu bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Beberapa orang mungkin telah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk bisa tetap fit selama puasa. Hal ini mengingat pada siang hari kita tidak makan dan minum, dan aktivitas tetap berjalan seperti biasa, sementara di cuaca yang ekstrem suhu bisa mencapai lebih dari 320C.

makanan sehat - pixabay/mohamed_hassan

Nah, sebenarnya cukup mudah untuk bisa menjaga daya tahan tubuh selama puasa. Asalkan kita paham cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan, misalkan mengontrol pola konsumsi ketika berbuka dan sahur.

Selain itu, dengan sedikit mengurangi aktivitas yang tidak terlalu penting juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan. Empat langkah di bawah ini mungkin bisa dipraktikkan di rumah:

1.       Memilih Makanan yang Sehat dan Bergizi

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan selama menjalani puasa ramadan adalah pola konsumsi ketika berbuka dan sahur. Usahakan memilih makanan yang sehat dan bergizi, yang mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral.

 

Kita bisa mulai dari mengonsumsi buah, sayur hijau, kacang-kacangan, dan ikan. Adakah yang tidak boleh dikonsumsi? Sebisa mungkin selama puasa meminimalisir makanan yang tinggi gula, lemak jenuh, dan makanan cepat saji. Hal ini penting agar kita tidak mudah lelah dan kebutuhan nutrisi tubuh tetap terjaga.

 

2.       Pastikan Hidrasi Tubuh Cukup

Air putih adalah asupan penting, terutama ketika kita menjalankan puasa. Usahakan untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, yakni dengan minum air putih yang cukup saat berbuka maupun saat sahur.

 

Meskipun sederhana, memperbanyak minum air putih ketika berbuka bisa lekas menggantikan cairan tubuh yang hilang selama lebih dari 13 jam kita berpuasa. Sementara minum air putih ketika sahur, bisa memberikan asupan hidrasi yang cukup selama kita menjalani puasa.

 

3.       Lakukan Aktivitas yang Ringan

Puasa tentu tidak membuat kita tidur seharian, kan? Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan adalah tetap melakukan aktivitas fisik yang wajar.

 

Kita bisa melakukan aktivitas ringan mulai dari jalan santai, yoga, bahkan senam ringan untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal yang perlu dihindari adalah aktivitas fisik berlebihan atau yang terlalu berat, sehingga menyebabkan kelelahan.

 

4.       Pastikan Istirahatmu Cukup

Cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan adalah dengan memastikan istirahat kita cukup. Istirahat yang cukup (tidak harus tidur) sangat penting untuk memulihkan energi tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

 

Untuk tidur sendiri, usahakan tidak kurang dari jam minimal dan tidak berlebihan. Normalnya orang dewasa butuh waktu tidur minimal 7-8 jam setiap malam, untuk menjaga keseimbangan tubuh. Jika berlebihan, biasanya justru akan membuat kita malas bergerak dan lelah untuk beraktivitas.

 

Menilik empat cara menjaga kesehatan tubuh saat ramadan di atas, kiranya cukup mudah karena merupakan bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Dengan memperhatikan pilihan makanan, menjaga hidrasi, beraktivitas ringan, dan istirahat cukup, kita bisa menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa ramadan.

Selain itu, menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, serta minuman bersoda dan berkafein juga penting untuk dilakukan. Hal itu sangat berguna agar selama berpuasa, kita bisa nyaman dan bisa menjalankan aktivitas tanpa terkendala suatu apapun.

Selamat berpuasa.[]

 

#BPNRamadan2024

Post a Comment

0 Comments