6 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan, Bikin Tubuh Tetap Bugar Sampai Berbuka

 

Morfo Biru – Bulan Ramadan menjadi momen membahagiakan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Pada bulan ini, seluruh umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Selama kurang lebih 13 jam, tidak makan dan minum. Durasinya mulai subuh hingga adzan maghrib berkumandang.

Bagi yang terbiasa berpuasa, menjalankan puasa Ramadan tentu bukan hal yang sulit. Akan tetapi bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan terasa berat. Sehingga perlu trik dan tips berpuasa di bulan Ramadhan.  

Jadi tidak heran kalau banyak orang melakukan perencanaan yang matang agar bisa menjalankan puasa Ramadan dengan nyaman dan tetap sehat.

Nah, kalau kamu butuh tips berpuasa di bulan Ramadan, di sini ada 6 tips yang dapat membantu menjaga kesehatan fisik, sehingga tetap bugar sampai berbuka:

 

Ramadhan Kareem - pixabay/antasena97

       1.       Pilih Menu Sahur yang Seimbang

Awal puasa dimulai dengan sahur. Jadi usahakan memilih menu yang seimbang dan bergizi. Misalnya, utamakan menu yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin. Kandungan tersebut bisa menjaga energi kamu sepanjang hari.

 

       2.       Hindari Makanan Berlemak dan Manis

Tips berpuasa di bulan Ramadan yang kedua adalah sebisa mungkin menghindari makanan berlemak dan manis. Kenapa? Karena makanan tersebut akan membuatmu lebih cepat lelah dan haus selama puasa.

 

Daripada mengonsumsi makanan berlemak dan manis, kamu bisa menggesernya dengan makanan ringan yang lebih sehat, seperti buah-buahan segar dan sayuran.

 

       3.       Konsumsi Minum yang Cukup

Aspek penting yang kerap dilupakan adalah menjaga cairan tubuh, agar badan tetap bugar selama puasa. Jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup air saat berbuka dan sahur.

 

Di sini air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Usahakan untuk mengurangi atau menghindari minuman berkafein dan berkarbonasi, ya. Seperti kopi, minuman-minuman itu cepat menyebabkan dehidrasi.

 

       4.       Pastikan Waktu Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup selama bulan Ramadan juga menjadi hal yang penting. Selain karena tidur di bulan Ramadhan mengandung pahala, memastikan tidurmu cukup bisa mengoptimalkan konsentrasi selama puasa di siang hari.

 

       5.       Perbanyak Berbagi dengan Sesama

Tips berpuasa selanjutnya adalah melakukan lebih banyak kebaikan selama bulan Ramadan. Kita perlu memanfaatkan bulan Ramadhan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah dan berbagi dengan sesama.

 

Kita bisa mulai dengan berbagi makanan dan minuman, menyumbangkan bantuan dalam bentuk apapun kepada saudara yang membutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa sekaligus merasakan keberkahan puasamu.

 

       6.       Jaga Kesehatan Mental

Selain fisik, hal yang penting diperhatikan selama bulan suci Ramadan adalah kesehatan mental kita. Sebab jika mental kita down atau drop, yang ada aktivitas kita selama Ramadan akan terganggu atau terhambat.

 

Jadi upayakan untuk tetap menjaga kewarasan, bisa dengan berbicara kepada orang-orang terdekat atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Bisa juga menjaga psikis dengan menghindari situasi-situasi yang menimbulkan stres.

 

Tentu ada banyak trik dan tips berpuasa di bulan Ramadan yang bisa dilakukan. Ke-6 tips di atas hanya sebagian kecil dari apa yang bisa kita upayakan untuk tetap semangat dan bugar selama puasa.

Oh iya, selamat menjalankan ibadah puasa. Semoga puasa kita lancar dan bisa mendapatkan keberkahan dari bulan suci Ramadan kali ini.[]

Post a Comment

1 Comments

  1. nice tips mbak semoga lancar puasanya sampai lebaran nanti

    ReplyDelete