Tiga Cara Mudah Meminimalisir Pemakaian Kantong Plastik

 

Krisis ekologi tidak bisa dipungkiri telah memberi ancaman yang mengerikan bagi masa depan kehidupan manusia, dan makhluk hidup secara menyeluruh. Krisis tersebut memang tidak terjadi begitu saja. Ada banyak faktor yang memperparah sekaligus mempercepat terjadinya krisis ekologi, salah satunya adalah sampah plastik.

 

Setiap hari, kita bersinggungan dengan sampah plastik, baik yang berasal dari rumah tangga maupun yang berasal dari berbagai sektor pekerjaan. Seakan-akan manusia ditakdirkan tidak bisa lepas dari plastik. Jika dulu keberadaan plastik adalah untuk memudahkan kita dalam membawa berbagai macam barang, sekarang kita harus menyaksikan berjuta-juta ton sampah plastik menggunung.

 

Meskipun ada banyak pihak yang mengklaim dapat mendaur ulang sampah plastik, tetapi jumlah itu bisa dihitung jari. Tidak sebanding dengan sampah plastik yang diproduksi oleh masyarakat, mulai dari rumah kita, rumah-rumah makan, toko kelontong, sampai pabrik-pabrik.

 

Bahkan kita seperti sedang bertarung dengan raksasa plastik di tubuh sendiri. Kita membunuhnya, kita ikut kehilangan nyawa. Tapi sebenarnya tidak semengerikan itu kalau pada diri masing-masing orang sadar untuk berbenah. Satu orang mengurangi, satu rumah mengurangi, satu sekolah mengurangi, satu lingkungan mengurangi, satu pabrik mengurangi, dan sampai satu negara mengurangi produksi sampah plastik. Terdengar sia-sia? Pasti.

 

Korankaltara.com

Tapi saya belum menyerah. Setidaknya pada diri sendiri, ada tugas khusus yang harus saya lakukan, yakni mengurangi atau meminimalisir penggunaan salah satu bentuk plastik, yakni kantong plastik. Bagaimana caranya? Simple kok.

 

1.           Ganti dengan Tas Belanja

Kalau selama ini cara berbelanja kita masih mengharapkan dapat kantong plastik dari penjual, maka mulai sekarang ayo beranjak. Biasakan untuk membawa tas belanjaan sendiri yang reuseable. Misalnya dengan totebag jumbo atau tas belanja lain yang bisa membuat kita meninggalkan kantong plastik untuk sekali pakai.

 

2.           Pakai Kardus untuk Membungkus Barang

Cara kedua yang saya lakukan adalah dengan membungkus barang-barang dengan kardus berbagai ukuran. Misal ingin berkirim paket, saya lebih baik memotong kardus besar untuk dirangkai menjadi bungkus yang sesuai isi paket. Kalau waktu berkirim bagaimana? Kita bisa minta ke jasa pengiriman untuk ikut meminimalisir penggunaan plastik kok. Serius.

 

3.           Membeli Kemasan Besar Biar Lebih Awet

Pernah beli deterjen atau pelembut pakaian kemasan berukuran kecil? Yuk mulai diubah lagi kebiasaannya. Agar tidak banyak sampah plastik yang kita hasilkan, kita bisa membeli barang-barang tersebut dalam kemasan yang lebih besar. Selain lebih awet, kita juga sekaligus meminimalisir penggunaan bungkus plastik.

 

Seringkali kita melihat sesuatu terasa lebih sulit karena tidak dimulai dari hal-hal yang kecil di sekitar kita. Sampah plastik memang momok yang sangat mengerikan, terutama jika sampai sekarang tidak ditangani dengan serius. Jadi saya percaya, dari gerak kecil yang kita lakukan, akan ada banyak gerakan besar yang dilakukan oleh semesta. Pertama, mulailah dari diri sendiri. []

Post a Comment

0 Comments