Nyeri Menstruasi dan Kiat-kiat Mengatasinya

 Kamu pasti pernah mengalami nyeri di sekitar pinggang dan perut ketika menstruasi. Tenang. Kamu tidak sendiri kok. Kamu juga tidak harus menggunakan obat-obatan pereda nyeri untuk menyembuhkan sakit perut itu, karena ketergantungan obat tidak baik untuk kesehatan. Kamu bisa menggunakan banyak cara lain yang lebih efektif dan aman untuk kesehatan.

 

Nah, kayaknya kita perlu membahas hal apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi, tanpa menggunakan obat deh. Karena meskipun hanya sepele, tapi buktinya rasa sakit yang muncul saat menstruasi memang tidak bisa dipungkiri begitu menyiksa. Jadi, yuk kita sama-sama simak beberapa tips di bawah ini untuk membantu mengatasi nyeri akibat menstruasi:

 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengontrol serta mengawasi asupan makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi selama menstruasi. Ingat ya, makanan punya dampak ke kesehatan yang signifikan, bahkan pada saat kamu menstruasi. Kebutuhan sayuran, buah, protein, dan mineral dalam tubuh harus dipenuhi.

 

Hal kedua, mengonsumsi banyak air putih juga bisa membantu mengurangi kram yang terjadi di sekitar perut dan pinggang lho. Karena mayoritas ketika nyeri perut menyerang, pasti mood makan kamu juga terganggu. Jadi, jangan lupa konsumsi banyak air putih ya!

 

Feminax

Hal ketiga, ini adalah hal paling sederhana tapi cukup solutif untuk dicoba, yaitu dengan mengompres bagian perut yang nyeri menggunakan air hangat. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul di perut dan pinggang kamu.

 

Hal keempat, melakukan olahraga secara rutin. Ini karena olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan serta keseimbangan tubuh. Meskipun ketika menstruasi kamu cenderung malas, namun ternyata dengan olahraga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang muncul akbat haid lho!

 

Hal kelima, jika memang rasa sakit yang menyerang sudah keterlaluan nyeri,  pilihan terakhir adalah membantu mengurangi rasa nyeri itu melalui obat. Rekomendasi obat yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah paracetamol, tapi ini pilihan terakhir jika semua hal di atas sudah kamu coba ya girls.

 

Itulah beberapa tips sehat yang bisa kamu coba untuk membantu mengurangi nyeri akibat haid. Selamat mencoba dan jangan lupa jaga kesehatan kamu. Oiya, kecuali memang cara di atas sudah tidak mempan mengurangi rasa nyeri di perut kamu, alangkah lebih baik periksa dan minum obat sesuai resep dokter ya, kawan. []

Post a Comment

0 Comments