Merawat Kesehatan Vagina Saat Menstruasi

 Kamu yang sedang menstruasi, pasti sering mengalami beberapa masalah kesehatan. Misalnya gatal pada selangkangan, atau nyeri perut karena menstruasi dan lain sejenisnya. Tahukah kamu bahwa vagina kita adalah area yang sangat sensitif dan membutuhkan kebersihan ekstra untuk menjaga kesehatannya?

 

Jadi, kita harus hati-hati dalam melakukan segala jenis perawatan untuk vagina kita. Lalu hal apa aja sih yang bisa kita lakukan, agar ketika menstruasi tidak menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, terutama di area V? Nah, di pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai cara merawat kesehatan vagina saat menstruasi, di antaranya:

 

Pertama, hal yang paling awal ketika kamu menstruasi, pasti kamu akan mencari pembalut. Nah, ada tips tersendiri buat pemilihan jenis pembalut. Kamu gak boleh asal dalam memilih pembalut, karena banyak juga yang mengalami iritasi akibat salah memilih pembalut. Kamu bisa memilih pembalut yang aman dan nyaman saat digunakan. Akan lebih baik lagi kalau kamu juga mulai beralih ke pembalut yang ramah lingkungan.

 

Gani Gambar

Kedua, sering-sering mencuci tangan bisa membantu menjaga kesehatan area vagina kamu. Misalnya sebelum memegang pembalut, usahakan tanganmu dalam keadaan bersih, karena ada banyak sekali bakteri dan kuman yang melekat pada tangan kita.

 

Ketiga, ini hal sepele yang sering kamu abaikan, yaitu penggunaan celana ketat. Menggunakan celana ketat dapat mengganggu sirkulasi udara yang ada di sekitar vagina kamu, sehingga bisa menimbulkan kelembaban yang mengundang banyak bakteri. Jadi hindari penggunaan celana ketat terlalu sering ya, khususnya ketika sedang menstruasi.

 

Keempat, kamu pasti tahu kalau cara membasuh vagina itu dari depan ke belakang. Nah jangan sampai salah, karena ini akan berdampak pada kesehatan vagina kamu. Selain itu, memastikan air yang digunakan untuk membasuh adalah air yang benar-benar bersih juga penting.

 

Nah, itulah beberapa cara paling sederhana yang bisa kamu coba untuk merawat dan menjaga kesehatan vagina dan area di sekitarnya. Selamat mencoba, kawan. []

Post a Comment

0 Comments