Hari Anak Perempuan Internasional: Yuk Tingkatkan Kesadaran akan Hak dan Potensi Anak Perempuan Di Indonesia

 

Morfo Biru – Hari ini adalah hari yang juga penting untuk diperingati secara massal, kenapa? Karena hari ini bertepatan dengan Hari Anak Perempuan Internasional.

Jadi, setiap tanggal 11 Oktober, Masyarakat global memeringati Hari Anak Perempuan Internasional. Ini adalah sebuah kesempatan yang berharga untuk merayakan prestasi anak perempuan dan untuk mengadvokasi hak-hak serta potensi anak-anak perempuan.

Mengutip postingan Jurnal Perempuan, Hari Anak Perempuan Internasional diprakarsai pertama kali saat penyelenggaraan Konferensi Dunia tentang Perempuan, di Beijing, yakni pada 1995.

Namun baru pada akhir 2011, Majelis Umum PBB memutuskan dan menetapkan bahwa tanggal 11 Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Anak Perempuan Internasional.

Di Indonesia, perayaan Hari Anak Perempuan Internasional memiliki makna yang mendalam dan penting, dalam mendorong kesadaran akan hak dan peran anak perempuan di masyarakat.

Kita tahu dalam budaya Indonesia, anak perempuan sering kali menghadapi tantangan sosial, budaya, dan ekonomi. Anak-anak perempuan kerap tidak mendapatkan hak dasar hanya karena statusnya terlahir sebagai perempuan.

Maka, peringatan Hari Anak Perempuan adalah momen untuk mengingatkan masyarakat tentang hak-hak anak perempuan, termasuk hak atas pendidikan, kesehatan, dan perlindungan dari kekerasan.
hari anak perempuan internasional - pixabay/openclipart-vertors

Sejauh Apa Kesadaran Kita tentang Hak Anak Perempuan?

Peringatan Hari Anak Perempuan di Indonesia adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan hak anak perempuan dan ruang aman bagi anak-anak perempuan dari segala jenis kekerasan.

Melalui berbagai kegiatan seperti seminar dan sosialisasi, lokakarya, kampanye sosial, dan acara publik, masyarakat dan pemerintah bisa bekerjasama dalam memberikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya hak anak perempuan.

Bisa juga dengan mengedukasi anak-anak perempuan sendiri tentang hak-hak mereka, sehingga mereka bisa mendapatkan haknya, kemerdekaannya sebagai perempuan, dan dapat menjadi pemimpin masa depan yang kompeten dan berdampak positif.

Selain meningkatkan kesadaran, peringatan Hari Anak Perempuan skala Internasional juga menekankan pentingnya pemberdayaan anak perempuan. Poin ini termasuk memberikan akses yang setara ke pendidikan, pelatihan, dan kesempatan untuk berkembang.

Program-program pemberdayaan seperti beasiswa pendidikan, keterampilan, dan kewirausahaan masih perlu terus digalakkan untuk membantu anak perempuan mencapai potensi terbaik mereka.

Pada dasarnya, peringatan Hari Anak Perempuan Internasional juga merupakan waktu yang tepat untuk menghormati prestasi anak perempuan di berbagai bidang, seperti pendidikan, olahraga, seni, dan bisnis.

Mengangkat kisah sukses anak perempuan dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama anak-anak perempuan yang mungkin sedang mencari role model.

Momen peringatan Hari Anak Perempuan Internasional adalah saat yang tepat untuk merayakan prestasi, mengedukasi masyarakat, dan mendorong pemberdayaan anak perempuan.

Dengan begitu, anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, berani menyuarakan pendapatnya, berani mengambil keputusan yang berdampak positif dalam masyarakat. Dengan usaha bersama, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih inklusif bagi anak perempuan.[]

Post a Comment

0 Comments