Budidaya Tanaman di Pekarangan: Cocok untuk Belajar Mandiri Pangan

 

Pandemi Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia sejak awal 2019 lalu telah membuat segala aspek kehidupan masyarakat berubah. Hampir tiga tahun, masyarakat mau tidak mau harus menahan diri untuk berkegiatan di ruang publik, demi memutus mata rantai virus tersebut. Alhasil, untuk urusan dapur pun masyarakat mengalami dampak cukup signifikan, terutama kesulitan mendapatkan bahan baku. Jika terus berlanjut, kemungkinan buruk yang terjadi adalah dapur tidak lagi mengepul.

 

Inisiatif pun perlahan muncul. Satu persatu keluarga mulai belajar untuk budidaya tanaman di pekarangan, di mana tanaman-tanaman tersebut adalah tanaman yang mudah ditanam dan bisa lekas panen. Mulai dari belajar agronomi, belajar menanam satu jenis sayur, kemudian beberapa tanaman lain yang bisa memberikan cukup asupan nutrisi untuk keluarga. Setidaknya, berkat pandemi, masyarakat mulai belajar untuk mandiri secara pangan melalui kegiatan budidaya di pekarangan masing-masing.

 

jokowarino.com

Budidaya Tanaman untuk Kemandirian Pangan

Mengutip dari Wikipedia, budidaya tanaman bisa diartikan sebagai suatu upaya pengembangbiakan tanaman yang tujuannya tidak sekadar memelihara sumber hayati tetapi juga mendapatkan manfaat secara langsung dari sumberdaya hayati tersebut.

 

Sedangkan yang dimaksud dengan kemandirian pangan atau kedaulatan pangan di sini adalah kemampuan individu maupun kelompok dalam memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Dalam konteks yang lebih spesifik, maka kemandirian pangan yang dimaksud adalah kemandirian pangan dalam keluarga.

 

Kenyataan yang saat ini dijumpai di masyarakat Indonesia adalah ketersediaan bahan pangan yang semakin menipis, membuat tiap-tiap keluarga perlu mencari cara lain agar kebutuhan primer tetap tercukupi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah belajar melakukan budidaya tanaman di pekarangan rumah mereka.

 

Meskipun tidak banyak, tetapi jika setiap keluarga melakukan budidaya dengan jenis yang beragam, maka kedaulatan pangan tidak hanya bisa dicapai oleh satu keluarga saja, tetapi seluruh masyarakat di lingkungan tersebut. Sebab masing-masing bisa memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri, bahkan bisa turut menyumbang kebutuhan pangan orang lain, di sekitarnya.

 

Budidaya Tanaman yang Bisa Dicoba Di Rumah

Saya merangkum beberapa jenis budidaya tanaman yang bisa dengan mudah dipraktikkan di rumah. Adapun lima jenis tanaman tersebut bisa dibudidayakan tidak hanya dengan menggunakan media tanah tetapi juga air. Tidak melulu membutuhkan lahan yang luas, karena sekarang ini mulai marak budidaya tanaman dengan  berbagai Teknik, baik horizontal maupun vertikal.

1.    Budidaya Kangkung

Seperti yang dipaparkan dalam website jokowarino.com tentang tanaman kangkung, bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat ketika dikonsumsi. Kangkung juga cukup mudah ditanam dengan menggunakan media sederhana. Usia pertumbuhan kangkung relatif lebih cepat dari tanaman lain, sehingga cocok jika dibudidayakan di rumah.

 

Kangkung bisa ditanam dengan menggunakan tanah maupun dengan media hidroponik. Cukup semai bibit kangkung berkualitas yang sudah disiapkan. Mengingat kangkung adalah tanaman yang menyukai kelembapan, maka usahakan ketika proses menanam selalu cukup air. Agar kangkung bisa tumbuh subur dan lekas panen.

 

2.    Budidaya Cabai

Selain kangkung, tanaman yang bisa Anda coba budidayakan adalah cabai. Meskipun terkenal dengan tanaman yang sulit menyesuaikan tempat, tetapi sudah banyak yang berhasil membudidayakan cabai di pekarangan rumah dengan polybag. Tinggal mencari benih cabai yang berkualitas dan memberikan perlakuan tepat pada tanaman, akan membuat Anda bisa panen cabai sendiri di rumah.

 

Tentu masih banyak budidaya tanaman yang bisa Anda coba di rumah. Mulai dari tomat, sawi, bayam, terong, dan sayur-sayuran lainnya. Jika Anda ragu, Anda bisa mulai dengan belajar dari media sosial yang menyediakan pembelajaran tentang pertanian, yang memberikan pengetahuan baru pada Anda terkait budidaya tanaman agar bisa mencapai kemandirian pangan di dalam keluarga. []


Post a Comment

0 Comments