Mengenal Lebih Jauh Brand Activation

 

Brand Activation atau aktivasi pemasaran merupakan sebuah langkah yang dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan sebagai upaya untuk mempromosikan sebuah brand dengan konsumen atau masyarakat secara umum, agar brand tersebut lebih dekat dengan pasarnya.
Big Evo

Era digital menuntut semua masyarakat dunia untuk melek terhadap teknologi. Semua aspek kehidupan dari berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, politik, sosial, hukum, dan ekonomi tidak luput dari peran teknologi. Dalam bidang ekonomi, para pebisnis dan pegiat usaha pada umumnya menggunakan bantuan teknologi untuk pemasaran produk-produknya, agar bisa dikenal oleh publik yang lebih luas dan mendapat income atau pemasukan yang lebih tinggi, sehingga laba yang didapatkan juga bisa lebih banyak.

 

Saat ini, teknik marketing tidak hanya dilakukan dari mulut ke mulut, akan tetapi juga mulai dilakukan dengan pengenalan produk menggunakan teknologi terbaru, sehingga cakupan pasarnya menjadi lebih besar. Dalam hal itu, di kalangan wirausahawan atau pebisnis tentu sudah tidak asing dengan istilah brand activation, yang telah memberikan banyak kontribusi dalam peningkatan penjualan sebuah produk atau brand. Lalu apa itu brand activation?

 

Brand Activation atau aktivasi pemasaran merupakan sebuah langkah yang dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan sebagai upaya untuk mempromosikan sebuah brand dengan konsumen atau masyarakat secara umum, agar brand tersebut lebih dekat dengan pasarnya. Selain itu, ada pula yang mendefinisikan brand activation sebagai sebuah seni untuk menarik minat pelanggan agar mau berinteraksi langsung dengan brand tersebut.

 

Jenis-jenis Brand Activation

Setelah mengetahui apa itu brand activation, maka hal penting yang perlu diketahui dan dipelajari lebih lanjut adalah tentang jenis-jenis brand activation. Sebelumnya, brand activation sendiri memiliki tujuan utama yakni meningkatkan interaksi pembeli dengan sebuah brand, meningkatkan pengalaman berkesan bagi pembeli dan masyarakat umum, serta meningkatkan brand loyalty dalam kurun waktu yang panjang.

 

Adapun dalam implementasinya, ternyata brand activation memiliki beberapa jenis atau bentuk, yang keseluruhannya dapat digunakan untuk bisa memberi kesan terbaik bagi pelanggan. Beberapa bentuk brand activation tersebut, yakni sebagai berikut:


  1. Social Media Activation. Bentuk pertama ini biasanya akrab di semua kalangan karena pemilik brand menggunakan media sosial untuk bersinggungan secara langsung dengan konsumen atau pelanggan. Pengalaman-pengalaman yang berkesan dibangun melalui unggahan di media sosial dan secara live. Hal tersebut membantu pemilik produk untuk mengenalkan brandnya kepada setiap orang.

  2. Experimential Marketing. Langkah ini diambil oleh pemilik brand dengan cara membangun pengalaman berharga bagi pelanggan. Biasanya di booth-booth pameran yang diselenggarakan secara serentak, pemilik brand memberikan contoh-contoh produknya untuk bisa dikenal oleh pengunjung secara langsung.

  3. In Store Brand Activation. Upaya brand activation selanjutnya yakni dalam bentuk penyelenggaraan event. Produk-produk yang ditampilkan dalam event tersebut biasanya cenderung lebih lengkap. Hal ini bertujuan agar pengunjung yang melihat produk tersebut dapat mengamati kelengkapan produk dan sekaligus dapat mencobanya langsung di event tersebut.

  4. Sample and Free Trial. Jenis brand activation selanjutnya ini biasanya mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan pelanggan karena cara yang digunakan adalah dengan memberikan sampel produk kepada pengunjung. Dengan begitu, pengunjung bisa lebih tertarik untuk menjadi pelanggan sebuah brand karena dianggap lebih menjanjikan.

 

Manfaat Brand Activation

Dengan melihat tujuan dan jenis-jenis dari brand activation tersebut, terlihat betapa besar manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik brand ketika menggunakannya. Pengetahuan tentang apa itu brand activation membantu pebisnis untuk meningkatkan penjualan produk dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

 

Keberadaan brand activation juga memberikan dampak signifikan pada pencapaian skala besar dan jangka panjang perusahaan. Ini bisa jadi boomerang bagi perusahaan-perusahaan atau pebisnis yang belum melakukan aktivasi pemasaran, karena persaingan di era digital memberi ruang yang lebih pada pemilik brand yang paham tentang brand activation. []

Post a Comment

0 Comments