Katanya Buah Kurma Punya Efek Samping, Percaya?

  

Salah satu tanaman buah yang terus eksis di masyarakat adalah kurma. Tidak hanya dinikmati saat momen lebaran, akan tetapi kini kurma bisa didapatkan di mana saja dan dalam kurun waktu yang singkat. Berbagai macam riset memang telah membuktikan bahwa di dalam sebiji kurma terdapat kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk para konsumennya.

 

Dari segi kesehatan, kurma memang telah banyak diproduksi menjadi sari-sari atau diekstrak untuk bisa jadi bagian dari pengobatan alami terhadap suatu penyakit. Akan tetapi kurma nyatanya tidak hanya mengandung manfaat dan kebaikan, tapi juga mengandung efek samping. Dan efek samping buah kurma tersebut ternyata tidak hanya satu atau dua macam saja loh.

 

Memang tidak salah jika kurma dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh, mengingat adanya kandungan glukosa di dalam kurma, sehingga sangat cocok dimakan ketika berbuka puasa. Selain itu kurma juga mampu mengontrol tekanan darah seseorang. Dengan rutin mengonsumsi kurma, kamu pun bisa terhindar dari darah tinggi maupun darah rendah, karena kurma dapat membantu menstabilkannya.

 

Selain itu kurma juga bermanfaat untuk menghalau adanya kanker usus besar dan mampu menjadi salah satu makanan yang turut menjaga ketahanan jantung Anda. Namun meski begitu, pola makan kurma yang salah nyatanya justru membuat buah ini sangat berbahaya. Berikut adalah efek samping buah kurma yang dirangkum menjadi tiga poin penting, antara lain:

malangvoice

  1. Memicu Kadar Gula Tinggi

Meskipun kandungan pada kurma dapat meningkatkan energimu, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebih, maka dampaknya akan sangat buruk. Efek samping buah kurma yang pertama adalah justru dapat membuat kadar gula dalam tubuhmu meningkat atau tinggi.

 

Selain itu meningkatnya kadar gula darah juga bisa karena sebelumnya kamu memiliki riwayat diabetes, sehingga menurun pada generasi setelahnya, yaitu kamu. Karena kurma sangat pesat membuat tinggi kadar gula pada tubuh, maka disarankan untuk selalu mengatur pola konsumsi kurma agar tidak berlebihan.

 

  1. Kram Perut

Salah satu efek samping buah kurma yang lain adalah mengakibatkan kram perut. Jika kamu sempat membaca atau mendengar beberapa zat yang terkandung dalam satu buah kurma, maka pasti tidak asing dengan kalium dan serat. Di dalam kurma kandungan kalium sangat tinggi.

 

Jadi apabila dalam satu kali konsumsi kurma, kamu langsung menghabiskan sampai 15 buah atau lebih, maka hal buruk bisa saja menimpamu, seperti kram pada perut. Hal ini sering terjadi karena kalium memang tidak akan baik jika dikonsumsi tubuh secara berlebihan. Biasanya sebelum kram, perut kamu akan terasa begah atau kembung.

 

  1. Obesitas

Kandungan kurma yang lain adalah kalori. Dibanding buah-buah lain, kandungan kalori pada kurma sangat tinggi, sehingga tidak mengherankan apabila konsumsi kurma dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang sering akan membuat berat badan kamu gampang naik, bahkan bisa sampai pada obesitas. Resiko obesitas ini adalah dampak buruk atau efek samping buah kurma jika terlalu sering dikonsumsi dalam takaran yang tidak wajar alias berlebihan.

 

Dan itulah tadi tiga efek samping buah kurma yang bisa kamu waspadai. Pastinya setiap orang tidak ada yang ingin terkena penyakit. Tujuan mengonsumsi kurma sendiri tidak lain adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap terjaga dari segi kesehatan. Jadi untuk menghindari hal-hal yang buruk, hendaknya tidak mengonsumsi kurnma dalam jumlah yang berlebih, utamanya bagi kamu yang punya riwayat penyakit kolestrol dan diabetes. []

Post a Comment

0 Comments