'Food Roaming' Jawa Timur

  

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya beragam kekayaan budaya, bahasa, suku, ras, agama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebudayaan di Indonesia tidak hanya berupa adat istiadat saja, tapi ada makanan khas daerah juga merupakan wujud dari kekayaan budaya di Indonesia.

 

Berikut ini kita akan jelaskan beberapa makanan khas yang ada di daerah Jawa Timur. Jadi Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang cukup padat penduduk, makanya kamu perlu mengetahui apa saja makanan yang perlu kamu coba jika sedang berkunjung ke Jawa Timur. Jenis makanan yang akan kita jelaskan pasti sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Jawa Timur sendiri. Berikut ini beberapa makanan khas Jawa Timur:

 

Fimela.com

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salah satu makanan yang wajib kamu coba, khususnya kalau kamu sedang berkunjung ke Surabaya. Cingur sendiri merupakan irisan daging dari mulut sapi. Biasanya rujak cingur berisikan sayur, lontong, timun, tahu, tempe kemudian ditambah dengan campuran bumbu kacang yang sudah dipadukan dengan petis.

 

Soto Lamongan

Dengan embel-embel nama daerah, tentu saja soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas Lamongan yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke Lamongan. Sebenarnya keistimewaan soto ini terletak pada penambahan koya dalam setiap porsinya. Koya adalah topping bubuk yang terbuat dari perpaduan antara bawang putih dan krupuk udang. Lezat pokoknya.

 

Nasi Tempong

Jenis makanan yang satu ini bisa kamu temukan kalau sedang mengunjungi kota Banyuwangi, Jawa Timur.  Untuk variasi isi dari nasi tempong ini antara lain adalah sayur rebus, tempe dan tahu goreng, ikan asin, dadar jagung, nasi panas serta ada tambahan sambal mentah. Yang menjadikan makanan ini khas adalah sambel yang disajikan.

 

Nasi Tumpang

Beberapa masyarakat yang ada di sekitar Kediri pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Iya, nasi tumpang adalah salah satu makanan khas Kediri yang memiliki titik keistimewaan pada sambel Tumpang yang disediakan. Sambel tumpang sendiri merupakan sambel yang terbuat dari tempe basi kemudian biasanya juga dipadukan dengan daging ayam.

 

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa dengan mudah kamu temukan di masing-masing daerah tersebut. Jadi, jika kamu berkunjung di salah satu daerah tersebut, kamu punya pandangan yang lebih banyak dan wajib mencoba kuliner khas daerah yang tersedia di daerah kunjunganmu itu. Selamat mencoba. []

Post a Comment

0 Comments