Empat Makanan Ini Khas Tulungagung Loh

 

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kota yang satu ini. Yaps Tulungagung. Jadi, Tulungagung adalah salah satu daerah yang berada di kawasan Jawa Timur. Ada banyak hal yang menjadi ciri khas dari daerah yang satu ini, misalnya batu marmer, kopi, dan lain sejenisnya. Namun, di sini kita akan membahas mengenai makanan khas dari Tulungagung dulu ya gaes.

 

Sompil

Buat kamu, masyarakat Tulungagung dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini. Karena di sekitar Tulungagung sendiri telah ada banyak sekali penjual sompil, entah di area kota, pasar, atau bahkan daerah rumahan biasa. Sompil adalah makanan yang berisikan potongan lontong, sayur lodeh (apapun), kemudian di atasnya biasa diberi taburan bubuk kedelai yang akan menambah kenikmatannya.

 

Enting-Enting Kacang

Dari kata kacangnya sudah sangat jelas bahwa bahan dasar dari makanan yang satu ini adalah kacang ya gaes. Sebenarnya, enting-enting kacang ini adalah jenis jajanan ringan. Dengan bahan dasar kacang tanah yang kemudian di olah dengan gula merah yang dicairkan lalu dibiarkan agar mengeras kembali. Kita bisa menemukan jajanan ini dengan mudah di Tulungagung, utamanya di pusat jajanan dan oleh-oleh.

 

Hipwee

Ayam Lodho

Nah, kalau makanan yang satu ini, pasti kita udah gak asing lagi. Tapi mungkin ada yang belum tahu kalau masakan ayam yang satu ini berasal dari Tulungagung. Iya, ayam lodho merupakan salah satu makanan khas Tulungagung. Tentunya ada banyak bumbu rahasia bahkan cara memasak ayam yang khusus untuk masakan yang satu ini. Ada banyak kandungan rempah yang digunakan untuk membumbui ayam lodho ini, oleh sebab itu ada rasa khas yang dihasilkan.

 

Kue Sagon

Jenis kue yang satu ini, tentu saja ada di jajaran jajanan khas Tulungagung. Jika kita sedang berkunjung di Tulungagung, salah satu jajanan wajib yang kita beli dan bisa jadi oleh-oleh adalah kue sagon. Kue sagon ini selain memiliki rasa yang khas, wangi dari kue ini juga bisa bikin kita ingat terus sama Sagona. Dengan tambahan topping parutan kelapa, tentu saja sangat menambah kenikmatan.

 

Nah, itulah beberapa makanan dan jajanan yang bisa dengan mudah kamu temukan di kota Tulungagung. Jadi kalau kamu sedang berkunjung di kota yang satu ini, jangan lupa sempatkan sedikit waktu untuk mencicipi keempat makanan di atas ya. Selamat mencoba. []


_______________________
Estu Farida Lestari

Post a Comment

0 Comments