8 Anime Studio Ghibli yang Bisa Kamu Tonton Bareng Keluarga Di Rumah

 

Morfo Biru – Pernah dengar Studio Ghibli? Yaps, bagi pecinta anime, mungkin sudah tidak asing. Jadi, Studio Ghibli sendiri telah menjadi ikon dalam industri animasi Jepang dan menghasilkan sejumlah karya masterpiece.

Karya-karya yang dikeluarkan oleh Studio Ghibli selalu berhasil memikat penonton, tidak hanya disukai oleh penonton di Jepang, tetapi juga di seluruh dunia.

Berikut delapan anime Studio Ghibli yang bisa kamu tonton bareng keluarga, yang tidak sekadar memukau dari segi visual, tetapi juga menghadirkan cerita yang penuh makna.

studio ghibli - pixabay/hokusay


      1.      Castle in the Sky (1986)

Film ini mengajak penonton untuk mengikuti petualangan Pazu dan Sheeta. Secara umum, Castle in the Sky mengeksplorasi dunia fantasi penuh misteri dan teknologi kuno.

Film ini cukup menarik perhatian penontonnya karena memiliki alur cerita yang seru dan desain karakter yang ikonik.

 

      2.      My Neighbor Totoro (1988)

My Neighbor Totoro merupakan salah satu karya klasik dari Studio Ghibli yang menceritakan petualangan dua saudara perempuan, Satsuke dan Mei, yang pindah ke rumah baru di pedesaan.

Di desa tersebut, mereka berinteraksi dengan makhluk berbulu lucu bernama Totoro. Film ini tidak hanya cocok untuk anak-anak tetapi juga menyentuh hati para penonton dewasa.

 

      3.      Kiki's Delivery Service (1989)

Film ini berkisah tentang Kiki, seorang penyihir muda yang pindah ke kota untuk menjalankan layanan pengiriman menggunakan sapunya.

Kiki's Delivery Service sendiri membawa pesan tentang pertumbuhan, kemandirian, dan upaya seorang remaja dalam mengejar impian.

 

      4.      Princess Mononoke (1997)

Kalau teman-teman pernah menonton film ini, pasti sudah tahu kalau film ini sangat serius. Bisa dikatakan ini adalah salah satu film Studio Ghibli yang lebih serius.

Jadi film Princess Mononoke menggambarkan konflik antara manusia dan alam. Dengan visual yang menakjubkan dan karakter-karakter yang kompleks, film ini berupaya mendobrak pandangan tradisional mengenai baik dan jahat.

 

      5.      Spirited Away (2001)

Anime ini adalah buah karya sutradara terkenal bernama Hayao Miyazaki. Spirited Away menceritakan kisah Chihiro, seorang gadis kecil yang terperangkap di dunia roh.

Kecakapan Miyazaki dalam membuat animasi yang luar biasa dan cerita yang penuh makna, akhirnya mengantarkan Spirited Away memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik.

 

      6.      Howl's Moving Castle (2004)

Film animasi ini dibuat berdasarkan novel karya Diana Wynne Jones. Film ini bercerita tentang Sophie, seorang wanita muda yang terkena kutukan dan bergabung dengan penyihir muda bernama Howl.

Secara umum, Howl's Moving Castle menawarkan petualangan yang penuh keajaiban dan pesan moral tentang keberanian dan cinta.

 

      7.      Ponyo (2008)

Sudah pernah dengar film animasi ini? Jadi, Ponyo terinspirasi oleh dongeng Hans Christian Andersen berjudul, The Little Mermaid.

Ponyo mengisahkan persahabatan antara seorang anak manusia, Sosuke, dan seekor ikan kecil yang ingin menjadi manusia.

Bisa dikatakan, kekuatan film ini adalah pada pesan positif yang ditawarkan dan berhasil ditangkap oleh penonton, yakni tentang cinta dan keberanian.

 

      8.      The Wind Rises (2013)

Film The Wind Rises yang tayang pertama kali pada 2013 silam menggambarkan kisah hidup Jiro Horikoshi, seorang insinyur pesawat terkenal di Jepang.

Meskipun lebih realistis daripada kebanyakan karya Studio Ghibli lainnya, film The Wind Rises tetap punya daya pikat yang membuat penonton terkesima dengan keindahan visual dan kisah yang menyentuh.

Sebenarnya masih banyak anime dari Studio Ghibli yang juga punya daya pikat dan sangat cocok ditonton bersama keluarga. Mungkin, akan dituliskan kelanjutannya setelah ini.

Terangnya, anime dari Studio Ghibli tidak hanya menarik untuk ditonton oleh penggemar animasi, tetapi juga oleh orang-orang yang mencari pengalaman sinematik bermakna.

Hal ini karena di dalam setiap film yang dikeluarkan Studio Ghibli, selalu memiliki daya tarik unik dan menawarkan cara pandangan yang berbeda, baik tentang kehidupan maupun nilai-nilai universal.[]

Post a Comment

0 Comments