Kenal Lebih Dekat Dengan Start Up Indonesia

 New era yang disebut disrupsi, telah ikut membawa kemajuan signifikan pada pola bisnis masyarakat, yang awalnya konvensional jadi modern, dan terus bergerak mengikuti pola perkembangan teknologi. Hal ini ternyata juga berdampak pada upaya peningkatan sumber daya manusia di berbagai sektor, yang mau tidak mau harus meng-upgrade diri, supaya bisa bersaing dan bertahan di tengah gempuran kemajuan.

 

Salah satu dampak positif yang bisa dirasakan dari pesatnya era ini adalah munculnya berbagai macam perusahaan berbasis start up di Indonesia. Perusahaan-perusahaan itu merintis karir dan menduduki berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, bahkan kesehatan. Sebagai start up, tentu banyak tantangan yang dihadapi oleh para founder untuk bisa bergerak di bidang digital, menemukan inovasi dan novelty agar bisa bersaing sehat dengan perusahaan lainnya.

 

Bagi para pendiri start up di Indonesia, tantangan terbesar justru berasal dari diri sendiri, yang setiap waktu harus mencari ide atau gagasan baru, mengasah skill dan kreativitas agar start up yang digawangi bisa tembus product market fit.

 

Selain itu, bagi para founder yang masih awal merintis, hal yang dibutuhkan adalah pengalaman jatuh bangun dari founder yang sudah lama terjun di start up digital. Hal ini penting untuk menambah wawasan seputar start up di Indonesia dan supaya usaha tersebut berkelanjutan.

 

Teknologi-bisnis.com

Menilik Program Start Up di Indonesia

Secara umum, tujuan dari mengikuti program bagi para founder adalah dalam rangka mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru terkait seluk beluk start up dan agar bisa mengembangkan skala usaha yang lebih luas. Program start up sendiri biasanya punya beberapa rangkaian kegiatan, utamanya memberikan brainstorming ke para pelaku usaha agar produk yang dimiliki oleh founder-founder yang baru merintis start up itu bisa mencapai product-market fit.

 

Memang, ada beberapa poin penting yang harus dilakukan founder agar bisa mengembangkan usaha sekaligus punya tambahan pengalaman, dan mendapat feedback yang positif dari masyarakat. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan start up miliknya dan mengikutsertakannya pada program-program start up yang dibuka dan diselenggarakan di Indonesia.

 

Keberadaan program start up di Indonesia sendiri dilatarbelakangi adanya kesulitan yang dirasakan oleh generasi muda dalam membangun start up dengan sumber daya yang memadai. Kesulitan itu seringkali membuat founder gulung tikar karena start up yang dibangunnya tidak berjalan sesuai ekspektasi. Nah, akhirnya para inisiator membuatkan program bagi para founder, agar geliat start up sendiri bisa terwadahi secara optimal.

 

Apa keuntungannya mendaftar program? Ada banyak sih. Ketika sebuah start up didaftarkan ke sebuah program start up di Indonesia secara khusus, ada banyak fasilitas yang bisa didapat, seperti ikuti kelas dan mentoring, ada sesi privat untuk berkonsultasi dengan para ahli, ada sesi pembelajaran dan pembimbingan langsung terkait langkah taknis memasarkan produk, jasa, dan lain-lain.

 

Mengenal Start Up Studio Indonesia

Salah satu program start up di Indonesia yang memadai untuk memberikan fasilitas ke start up baru untuk mencapai product market fit adalah Start Up Studio. Lewat laman startupstudio.id kita bisa yakin kalau program ini adalah bagiand inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jadi punya tugas yang jelas dan lebih tepat sasaran.

 

Start Up Studio sendiri biasanya memberi kesempatan ke setiap founder baru untuk bisa memenuhi kriteria yang ditentukan kementerian, dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan brainstorming, kesempatan konsultasi langsung ke para pakar, mendapatkan coaching, mendapatkan dukungan equity-free dan mentoring berkala secara personal. Yakin, konsistensi yang dibangun dengan mulai mengikuti program demi program, bisa membuat start up di mana pun berkembang pesat. []

Post a Comment

0 Comments