Mau Tahu Hal yang Menarik dari Podcast?


Generasi yang lahir 2000an pasti sudah tidak asing dengan istilah Podcast. Jadi podcast ini semacam radio yang isinya bukan siaran langsung, tapi rekaman audio yang bisa didengar oleh banyak orang. Diperkenalkan pertama kali sekitar 2005 dan mulai didengarkan oleh banyak orang dua tahun kemudian, atau sekitar 2007. Diberi nama podcast karena istilah ini memang berasal dari dua suku kata yakni iPod dan juga Broadcasting, kemudian disingkat jadi Podcast.

 

Nesabamedia

Kalau di radio Anda biasa bersinggungan dengan berita, informasi dan lagu, di podcast Anda bisa mendapatkan lebih banyak dan lebih dari satu saluran. Jadi podcast bisa juga Anda pahami dengan istilah radio internet, di mana Anda bisa terhubung dengan banyak channel yang memberikan Anda tidak sekadar informasi, tapi juga bisa gosip, hasil wawancara, bahkan sampai komentar-komentar orang-orang yang diunggah di Podcast. Bisa dibilang, podcast ini adalah media yang bisa jadi tempat Anda sharing banyak hal.

 

Sejauh ini ada beberapa kelebihan yang dipunyai podcast, antara lain Anda punya banyak pilihan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, podcast punya lebih banyak kategori informasi yang bisa Anda dapatkan. Tentunya bisa sesuai minat atau hobi Anda masing-masing. Selain itu keunggulan lain yang ada di podcast adalah, Anda tidak perlu khawatir adanya iklan-ilkan yang kadang nampang di televisi atau disiarkan di radio-radio. Dan yang paling penting adalah, Anda bisa mendengarkan segala kategori siaran ini sesuai dengan waktu luang Anda.

 

Jadi saya ulang yaa, salah satu hal menarik yang bisa Anda temukan di podcast adalah Anda bebas mengatur sendiri apa-apa yang ingin Anda dengarkan, dengan waktu yang lebih fleksibel dan berulang-ulang. Hal menarik lainnya, Anda juga bisa membuat karya podcast Anda sendiri sesuai passion yang dimiliki. Misalkan Anda ingin membuat podcast yang isinya berupa Stand-up Comedy atau yang lain. Anda tinggal menentukan karakter podcast yang sesuai seperti apa, kemudian menyiapkan konten, mengeditnya sedikit, baru kemudian mengunggahnya, sehingga bisa didengarkan oleh banyak khalayak.

 

Selain itu, ada beberapa manfaat juga yang bisa didapatkan, seperti membuat Anda lebih imajinatif. Ini karena segala sesuatu yang Anda dengar bisa merangsang daya imajinasi Anda untuk membayangkan apa yang tengah jadi topik pembahasan. kemudian manfaat lainnya, Anda punya hal-hal baru yang bisa dipelajari. Biasanya ketertarikan pada sesuatu yang baru, bakal terjadi ketika Anda terbiasa mendengarkannya.


Nah ini sering terjadi pada mereka yang menghendaki mendapatkan sesuatu yang belum pernah didapatkan, dan bisa tahu hal-hal lain itu lewat podcast. Menariknya, Anda juga bisa mengasah multitasking Anda, karena podcast bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja, maka sembari mendengarkannya, Anda tetap bisa melakukan banyak hal dan tidak bakal ketinggalan informasi atau terganggu karenanya. []


2019

Post a Comment

0 Comments