Manfaat Kalkulator Kehamilan: Rekan Ibu untuk Hitung Perkiraan Kelahiran Lebih Mudah

 

Morfo Biru – Salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang menghendaki memiliki keturunan adalah kabar kehamilan. Bagi pasangan yang ingin memiliki anak, program demi program kehamilan tentu akan dilakukan.

Namun bagi para calon ibu, keinginan tersebut terkadang terkendala pengetahuan, tentang bagaimana tahapan kehamilan berlangsung. Selain itu, kebingungan dalam menghitung waktu kehamilan juga kerap menjadi persoalan tersendiri.

Dewasa ini, ada banyak sekali cara untuk mengetahui usia kehamilan. Salah satunya yakni dengan menggunakan aplikasi kalkulator kehamilan. Para ibu bisa dengan mudah mengakses aplikasi kalkulator tersebut di playstore.

Lalu apa yang dimaksud dengan kalkulator kehamilan? Jadi ini adalah sebuat alat yang didesain khusus untuk pasangan suami istri untuk mengetahui usia kehamilan. Aplikasi ini bisa berisi kalender usia kehamilan yang membantu ibu hamil dalam mengingat tiap-tiap momen selama kehamilan.

Adanya kalkulator kehamilan selama ini memang sangat berguna bagi ibu hamil. Hal ini karena dapat menjadi pengingat dan menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL). Bahkan, beberapa aplikasi juga didesain untuk bisa mengetahui perkembangan janin dalam kandungan.

 

Kalkulator Kehamilan - Hellodoc

Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Seperti dijelaskan sebelumnya, kalkulator kehamilan berfungsi untuk membantu calon ibu dan pasangan untuk memantau usia kehamilan, mengetahui hari prediksi kelahiran, dan bahkan mengetahui proses tumbuh kembang janin.

Adapun langkah awal menggunakan kalkulator kehamilan ini, sebagaimana aplikasi yang dikeluarkan oleh hallodoc bernama Kalkulator Kehamilan Plus, pengguna tinggal mengunduhnnya melalui google playstore.

Setelah menginstall aplikasi kalkulator kehamilan, pengguna atau calon ibu bisa mulai dengan menginput data. Apa saja data yang dibutuhkan? Data yang perlu diinput yakni tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT).

Misalnya, hari pertama haid terakhir kali yang Anda alami adalah tanggal 15 November 2023 sampai tanggal 23 November 2023, maka yang diambil adalah tanggal pertama darah keluar, bukan ketika darah berhenti atau hari terakhir.

Kemudian, data kedua yang perlu dimasukkan adalah siklus bulanan yang biasa dialami oleh pengguna. Misalnya siklus haid yang Anda alami setiap bulannya adalah 28 hari, maka tinggal memasukkan data tersebut pada aplikasi.

Setelah itu, pengguna akan dapat melihat tanggal taksiran persalinan, mulai dari taksiran tanggal dan bulan kelahiran kelak. Pada aplikasi kalkulator kehamilan plus besutan hellodoc juga terdapat informasi masa kehamilan ibu, baik trimester 1, 2, maupun 3. Hal tersebut bisa membantu calon ibu melihat perkembangan janin dalam kandungannya.

 

kalkulator kehamilan

Manfaat Lain Memakai Kalkulator Kehamilan

Jika melihat cara pemakaian kalkulator kehamilan di atas, tentu kita bisa tahu pasti betapa besar manfaatnya bagi pasangan yang ingin memiliki anak. Mereka bisa mendapatkan informasi hanya melalui layar androit masing-masing.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan ketika menggunakan kalkulator kehamilan, yakni sebagai berikut:

      1.      Mengetahui Masa Subur

Bagi pasangan yang sedang program hamil, kalkulator kehamilan ini bisa juga digunakan untuk mengecek periode masa subur perempuan. Dengan begitu, program hamil bisa dilakukan jika periode masa subur bisa diidentifikasi.

 

      2.      Memantau Tumbuh Kembang Janin

Dengan adanya timester 1, trimester 2, dan trimester 3, sesungguhnya calon ibu dan pasangannya juga bisa mengecek sejauh mana perkembangan janin. Misalnya janin usia 12 minggu sudah memiliki bagian tubuh yang lengkap, dan sebagainya.

 

      3.      Mengetahui Prediksi Kelahiran

Seperti dijelaskan di atas, kalkulator kehamilan bisa digunakan untuk mengetahui HPL atau hari prediksi kelahiran anak. Hal ini sesuai dengan input tanggal yang dimasukkan oleh pengguna ke dalam sistem.

 

Selain ketiga manfaat di atas, manfaat lain dari kalkulator kehamilan ini bisa digunakan sebagai acuan bagi pasangan yang ingin memiliki anak, untuk berkonsultasi kepada dokter. Adanya informasi awal mengenai masa subur dan sebagainya, bisa membantu memantau kehamilan dengan lebih komprefensif.[]

Post a Comment

0 Comments